Cara memasang ID Google Analytics di YouTube

Cara memasang id pelacak analis di youtube channel, sebenarnya sama halnya ketika kita akan menghubungkan google analis dengan website/blog.


Apa itu? google analytics adalah sebuah tool external yang di sediakan oleh Google. Fungainya untuk mengamati aktifitas blog atau youtube sobat.

Google analis menyediakan data yang lebih lengkap daripada analis yang ada di blog atau youtube, nah untuk lebih jelasnya mari kita praktekan cara menghubungkan google analis dengan youtube.

Disini saya anggap sobat sudah punya akun analytics, pertama kita login dulu ke google analytics, setelah itu klik pada tab Admin pada tab drop down properti klik pada buat properti baru.

Google Analytic
Dasboard Google Analytics

Masukan nama youtube sobat atau apa saja sebagai penanda itu adalah folder youtube, url youtube, kategori channel, dan zona waktu.

Property youtube
Menambah property youtube

Kemudian klik tombol dapatkan id pelacak copy id pelacak channel sobat, pada tahap ini kita sudah mendapatkan id analis youtube.

Track id
Id pelacak

Selanjutnya sobat login youtube, masuk ke channel setting, klik menu advance klik pada view additional feature, pada bagian bawah Google analytics property tracking ID masukan kode yang sobat dapat dari google analytics

Youtube Channel setting advance
Dashboard Youtube

Klik simpan dan tunggu kurang lebih 2 kali 24 jam data analytic youtube sobat bisa muncul di dasboard google analytics. Segitu dulu sob semoga membantu, jangan lupa klik share artilel ini ke teman teman. Semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »